Senin, 16 Januari 2017

Hasil analisis e-government menurut panduan dari KOMINFO (2003)


Untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Analisis Kinerja Sistem


Nama Kelompok :


Agus Dwi Cahyadi (10113371)
Fahmi Akbar Krissanto (13113070)
Muhammad Azzohabi (15113850)
Prayoga Pratama (16113903)
Riyan Eka Purnomo (17113857)



Hasil analisis e-government menurut panduan dari KOMINFO (2003)



**Penilaian berdasarkan hasil analisa kelompok

1. Selayang Pandang.

Menjelaskan secara singkat tentang keberadaaan Pemda bersangkutan (sejarah, moto, lambang dan arti lambang, lokasi dalam bentuk peta, visi dan misi).

2. Pemerintahan Daerah

Menjelaskan struktur organisasi yang ada di Pemda bersangkutan (eksekutif, legislative) beserta nama, alamat, telepon, email dari pejabat daerah. Jika memungkinkan biodata dari pimpinan daerah ditampilkan agar masyarakat luas mengetahuinya.

3. Geografi

Menjelaskan antara lain keadaan topografi, demografi, cuaca dan iklim, social dan ekonomi, budaya dari daerah bersangkutan. Semua data dalam bentuk numeric atau statistic harus mencantumkan nama instansi dari sumber datanya.

4. Peta Wilayah dan Sumberdaya

Menyajikan batas administrasi wilayah dalam bentuk peta wilayah (dari Bakosurtanal) dan juga sumberdaya yang dimiliki oleh daerah bersangkutan dalam bentuk peta sumberdaya (dikeluarkan oleh instansi pemda yang mempunyai tugas pokok dan fungsi pembuat peta) yang dapat digunakan untuk keperluan pengguna.

5. Peraturan/Kebijakan Daerah

Menjelaskan peraturan daerah (perda) yang telah dikeluarkan oleh pemerintah daerah bersangkutan. Melalui situs web pemerintah daerah ini semua perda yang dikeluarkan disosialisasikan kepada masyarakat luas.


6. Buku Tamu

Tempat untuk menerima masukan dari pengguna situs web pemda bersangkutan. 


Narasi :

Setelah melakukan analisa pada website Provinsi Bangka Belitung, Kabupaten Bangka, dan Kabupaten Belitung, pada kategori Selayang Pandang Provinsi Bangka Belitung menampilkan informasi yang cukup lengkap dari poin yang diminta. Provinsi Bangka Belitung kurang adanya informasi berupa peta wilayah karena pada website hanya menampilkan deskripsi wilayah. Untuk Kabupaten Bangka dan Kabupaten Belitung menampilkan informasi yang lengkap di setiap poinnya. 

Pada kategori Pemerintahan Daerah, Provinsi Bangka Belitung sama sekali tidak menampilkan tentang profile pejabat pemerintahan, sedangkan untuk Kabupaten Bangka menampilkan informasi yang cukup lengkap per-poinnya, hanya pada biodata pimpinan daerah yang tidak dimiliki website Kabupaten Bangka. Pada Kabupaten Belitung menampilkan informasi yang lengkap karena semua poinnya terpenuhi. 

Pada kategori Geografi, Provinsi Bangka Belitung menampilkan informasi yang lengkap dan semua poinnya terpenuhi, untuk Kabupaten Bangka menampilkan informasi yang cukup lengkap dan hanya satu poin yang tidak dimiliki webiste Kabupaten Bangka yaitu informasi tentang cuaca dan iklim. Pada website Kabupaten Belitung, ada dua poin yang tidak dimiliki yaitu sosial dan ekonomi serta budaya daerah.

Pada kategori Peta Wilayah dan Sumber Daya, Provinsi Bangka Belitung tidak memiliki informasi satupun dari poin yang diminta. Sedangkan untuk Kabupaten Bangka dan Kabupaten Belitung hanya sama sama memiliki informasi tentang peta wilayah, tidak dengan peta sumberdaya nya. 

Pada kategori Peraturan/Kebijakan Daerah, Provinsi Bangka Belitung dan Kabupaten Bangka memiliki dan menampilkan informasi tentang peraturan daerah (produk hukum) sedangkan Kabupaten Belitung tidak memiliki informasi tentang peraturan daerah yang diminta. Dan untuk Kategori Buku Tamu, Provinsi Bangka Belitung, Kabupaten Bangka dan Kabupaten Belitung memiliki dan menyediakan informasi tentang buku tamu. Untuk Provinsi Bangka Belitung, buku tamu ini dapat ditemukan pada tab suara pembaca. 

Kesimpulan :

Berdasarkan hasil analisa pada ketiga website yaitu Provinsi Bangka Belitung, Kabupaten Bangka dan Kabupaten Belitung tersebut menampilkan informasi yang cukup lengkap dan berbeda keunggulan serta kekurangan satu sama lainnya. Hasil yang didapat yaitu Provinsi Bangka Belitung mendapat jumlah total 13, sedangkan untuk Kabupaten Bangka mendapat jumlah total 17 dan untuk Kabupaten Belitung mendapat jumlah total 16. Dengan melihat pada jumlah forum, website Kabupaten Bangka lebih informatif dan lengkap dalam menampilkan informasi serta memberikan pelayanan terhadap pengunjung website, unggul tipis dengan website Kabupaten Belitung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar