Minggu, 07 Desember 2014

Penyebab Konflik Organisasional

Faktor penyebab konflik organisasional

konflik organisasional adalah perdebatan antara dua anggota atau lebih bahkan kelompok yang bertikai karena perbedaan status, tujuan, nilai dan persepsi antara yang satu dengan yang lainnya.
Penyebab terjadinya konflik dalam organisasi, yaitu :

  • Perbedaan individu

Setiap individu memiliki pendirian dan perasaan yang berbeda dengan individu lainnya. perbedaan ini dapat menjadi faktor penyebab dari sebuah konflik, sebab setiap individu tidak selalu sepemikiran atau sejalan dengan individu lainnya dalam sebuah kelompok atau organisasi 

  • Perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi-pribadi yang berbeda pula

Setiap Individu memiliki latar belakang yang berbeda, dimana dipengaruhi oleh suku, agama dan ras. perbedaan ini juga dapat memancing konflik yang akan timbul dengan individu lainnya karena perbedaan latar belakang tersebut.

  • Perbedaan kepentingan individu atau kelompok

Setiap manusia memiliki perasaan, pendirian maupun latar belakang yang berbeda. dengan demikian setiap individu memiliki kepentingan yang berbeda beda. perbedaan kepentingan ini dapat memicu konflik antar individu dengan individu, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok. Konflik akibat perbedaan kepentingan ini dapat pula menyangkut bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

  • Perubahan-perubahan nilai yang cepat dan mendadak dalam masyarakat


Perubahan merupakan sesuatu yang biasa terjadi, tetapi jika perubahan itu berlangsung tiba tiba atau mendadak ? perubahan ini dapat memicu terjadinya konflik. perubahan yang terjadi dengan cara tiba tiba atau mendadak akan membuat kegoncangan proses yang terjadi dalam suatu kelompok atau organisasi, bahkan dapat mengacaukan jalannya tatanan kegiatan organisasi.

  • Perbedaan pola interaksi yang satu dengan yang lainnya

Komunikasi serta interaksi yang buruk, dalam arti komunikasi atau interaksi yang menimbulkan kesalahpahaman antara pihak-pihak yang terlibat, dapat menjadi sumber konflik.

Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar