Selasa, 07 Oktober 2014

Tulisan 1

Sistem Manajemen dan Sistem Organisasi dari Salah Satu Perusahaan Industri Teknologi 


Manajemen adalah kegiatan dalam me-manage, mengendalikan atau mengatur sebuah perencanaan, pengorganisasian, pengendalian serta pengawasan yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan organisasi.
Didalam sebuah perusahaan, manajemen mempunyai peranan yang sangat amat penting bagi jalannya perusahaan. Manajemen mempunyai 4 bagian, yaitu :

1. Manajemen sumber daya manusia 

Kegiatan manajemen berdasarkan pada fungsi guna mendapatkan SDM yang terbaik bagi perusahaan


2. Manajemen operasional

Kegiatan manajemen berdasarkan pada fungsi untuk menghasilkan suatu produk yang sesuai dengan ketetapan perusahaan dan berdasar keinginan pihak konsumen.


3. Manajemen pemasaran

Kegiatan berdasarkan fungsi yang bertugas untuk mengidentifikasi keinginan serta kebutuhan konsumen dan cara pemenuhan kebutuhannya


4. Manajemen keuangan

Kegiatan manajemen berdasarkan pada hasil yang telah didapat dan diukur berdasarkan profit


Organisasi adalah sekumpulan orang dalam sebuah kelompok yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Dimana suatu organisasi mempunyai visi dan misi untuk mencapai tujuan bersama dengan perwujudan sebuah eksistensi sekelompok orang terhadap masyarakat. 


Sebagai contoh :

Saya mengambil contoh dari perusahaan terkenal dan ternama diseluruh dunia, yaitu eBay.
eBay adalah pasar online dunia, sebagai tempat bagi pembeli dan penjual yang ingin berdagang apa saja. Diluncurkan tahun 1995, eBay diawali sebagai tempat untuk berdagang barang koleksi dan barang yang sulit ditemukan. Sejak saat itu, eBay berkembang menjadi pasar online terbesar dimana Anda dapat menemukan segala sesuatu, dari ponsel dan DVD hingga pakaian, barang koleksi dan mobil. 

eBay memiliki struktur manajemen yang sangat baik, dimana didalamnya terdapat aspek aspek penting guna menunjang kegiatan perusahaan eBay tersebut. aspek penting yang dilihat adalah aspek struktur keorganisasian, aspek keuangan, aspek pelayanan, aspek produk, dan aspek tenaga kerja. eBay juga mempunyai sistem manajemen hubungan konsumen. sistem ini merupakan aspek penting dalam menjaga hubungan dengan para konsumen dengan mengutamakan kualitas layanan yang diberikan karena merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyediaan dan lelang secara online.

Struktur organisasi di perusahaan Ebay memiliki chairman yaitu Pierre Omidyar dan CEO Meg Whitman serta karyawan. Dimana masing masing tugas dan wewenang Chairman adalah posisi tertinggi di perusahaan dan bertugas memanage perusahaan, CEO bertugas mewakili perusahaan itu untuk melakukan kerjasama dengan perusahaan lainnya, karyawan bertugas menjalankan operational sehari-hari perusahaan.

Berikut merupakan sedikit detail dari perusahaan teknologi eBay.
JenisPublik (NASDAQEBAY)
DidirikanSan JoseCalifornia,
Amerika Serikat (1995)
Kantor pusatSan JoseCalifornia,
Amerika Serikat
Tokoh utamaMeg Whitman (Presiden sekaligus CEO)
Pierre Omidyar (pendiri)
IndustriBursa pelelangan
ProdukLelang online
PayPal
Pendapatan US$ 9.156 billion (2010)[1]
Laba operasi US$2.053 billion (2010)
Laba bersih US$1.801 billion (2010)
Jumlah aset US$ 22.003 billion (2010)
Total modal US$15.302 billion (2010)
Karyawan8.100 (2004)
SloganThe World's Online Marketplace
Situs webwww.ebay.com
Status terakhirAktif


Kesimpulan 

Saya mendapati sebuah kesimpulan terhadap tulisan saya ini, bahwa sistem manajemen dan sistem organisasi merupakan suatu kesatuan yang ada didalam tubuh suatu perusahaan. sebagai contoh pada perusahaan eBay, dimana perusahaan eBay memiliki sistem manajemen yang didalamnya terdapat sebuah hubungan atau relasi dengan konsumen. sehingga si perusahaan dengan mudah menjalin kerjasama yang baik dengan si konsumen. Dengan sistem manajemen yang baik, harus diikuti pula dengan struktur organisasi yang sama baiknya pula. organisasi dikatakan baik jika terdapat kedudukan, tujuan dan tugas yang jelas dan dijalankan dengan baik oleh semua komponen yang ada diperusahaan. dapat dilihat dari struktur keorganisasian perusahaan eBay, dimana posisi tertinggi ditempati Chairman, kemudian CEO dan para karyawan dengan membentuk sebuah sistem dengan masing masing tugasnya.

Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar