Jumat, 03 Oktober 2014

Tugas 1

Jelaskan Ciri Ciri dan Unsur Unsur Dari Organisasi !

Jawab : 

Organisasi merupakan sekumpulan orang dalam sebuah kelompok yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
Adapun menurut para ahli mengemukakan apa itu organisasi, yaitu sebagai berikut :
  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah pola hubungan yang melalui orang orang dibawah pengarahan atasan untuk mengejar tujuan bersama.
  • Stephen P. Robbins mengatakan bahwa organisasi adalah kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar, denan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Organisasi dapat dikatakan sebagai sebuah organisasi bila mempunyai ciri ciri seperti berikut ini, yaitu :
  • Adanya kerjasama antar sekelompok orang
  • Mempunyai tujuan serta sasaran
  • Jelas akan tugas masing masing
  • Adanya struktur keorganisasian berupa kedudukan yang jelas
Disamping mempunyai ciri ciri, organisasi pun memilki beberapa unsur yang ada didalamnya. Unsur unsur berikut adalah :

Man (Orang)

Man dalam kehidupan keorganisasian atau kelembagaan, sering sekali disebut dengan istilah pegawai atau personnel. Dimana setiap Man (orang) memiliki peranan dan fungsi serta tugas yang berbeda beda. Dalam sebuah kesatuan dalam keorganisasian Man (orang) bekerja sama untuk mencapai sebuah target atau tujuan tertentu.

Kerja Sama

Kerjasama merupakan suatu perilaku atau perbuatan dimana setiap orang saling bantu membantu, tolong menolong yang dilakukan secara bersama sama untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Tujuan Bersama

Tujuan merupakan sebuah target atau sasaran yang telah ditetapkan dan untuk dicapai. Tujuan ini menggambarkan sebuah titik akhir tentang apa yang harus dikerjakan. 

Equipment (Peralatan)

Peralatan merupakan sebuah sarana yang menunjang sebuah kegiatan keorganisasian. Berupa materi, mesin, uang, tanah, bangunan dan lain lain.

Environment( Lingkungan)

Faktor yang terdapat dalam lingkungan biasanya seperti keadaan sosial, budaya, ekonomi, serta teknologi.

Kekayaan Alam

Yang termasuk kedalam kekayaan alam yakni berupa biotik dan abiotik. seperti flora, fauna, air, cuaca, udara, iklim dan lain lain.

Kesimpulan

Dengan penjelasan diatas dapat disimpulkan, bahwa organisasi merupakan wadah atau sebuah tempat dimana didalamnya terdapat sekumpulan orang yang saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan. sekumpulan orang dapat dikatakan organisasi bila memiliki ciri dan unsur organisasi. ciri organisasi biasanya terdapat sekumpulan orang yang saling bekerjasama dimana dilaksanakan pada masing masing kedudukan dengan tugas yang berbeda untuk mencapai suatu tujuan. sedangkan unsur organisasi yaitu terdapat sekumpulan orang, kerjasama, tujuan, peralatan serta lingkungan sampai pada kekayaan alam.

Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar