Kamis, 02 Juni 2016

Resensi Untold Story Jack Ma

Identitas Buku

Judul Buku          : Untold Story Jack Ma
Penulis                : Sigit Parikesit
Penerbit              : Banana Books
Jumlah halaman  : 141 Halaman
Tahun terbit        :  April 2016

ISI YANG PENTING/MENARIK

Jack Ma merupakan seorang biliuner dengan kekayaan melimpah ternyata dulunya adalah seorang yang dianggap gagal. Jack Ma pernah melamar kerja di 30 perusahaan dan hasilnya adalah penolakan. Salah satu nya adalah dengan melamar pekerjaan di restoran KFC di kotanya. Dari 24 orang yang melamar pekerjaan, 23 diterima. Dan hanya dirinya satu satunya orang yang ditolak. Jack Ma juga pernah 10 kali melamar masuk Universitas Harvard dan ditolak.

Awal mula, Jack Ma mendirikan perusahaan internet pertamanya, sebuah direktori online bernama China Pages. Kala itu ia mencoba melakukan pencarian dengan kata kunci “beer” tetapi tak ada satupun hasil pencarian yang berhubungan dengan negara Cina. Hal itu membuatnya berpikir untuk mengembangkan website khusus yang memperjualbelika produk Cina di internet. Dengan ide cemerlang tersebut Jack Ma membuat sebuah website dengan nama China Pages dengan pinjaman sebesar US$ 2000 dengan menyewa ruangan dan sebuah komputer sebagai kantornya.

China Pages mendulang kesuksesan yang cukup membanggakan. Startup pertama Jack sempat mendapat dana sebesar US$ 185.000 dari China Telecom. Namun karena selisih paham dengan pihak pemegang saham terbesar, ia mengundurkan diri dari perusahaan yang didirikannya tersebut.

Pada 1999, Jack mendirikan perusahaan perdagangan online Alibaba dengan ke 17 temannya dengan dana pertama USD 60 ribu. Kini Alibaba telah berkembang menjadi website e-commerce terpopuler di dunia. Perusahaan besutan Jack Ma ini berhasil Go Public pada tahun 2007 dan sempat meraih dana sebesar US$ 1.7 Milyar. Kini Alibaba telah mengakuisisi Lazada dengan dana USD 1 Milyar. Tujuan akuisisi ini adalah ditujukan untuk memperkenalkan Alibaba ke pasar Asia Tenggara.

Berikut adalah perusahaan kelas dunia yang didirikan oleh Jack Ma :

1. Alibaba.com

Platform online terbesar di dunia dalam trading bisnis ke bisnis untuk usaha kecil

2. Taobao

Marketplace toko online jual beli

3. Tmall.com

Platform ritel online untuk melengkapi bisnis Taobao

4. Juhuasuan

Situs belanja kelompok yang menawarkan penjualan obral cepat di China

5. eTao

situs perbandingan belanja yaitu membandingkan harga dari penjual yang berbeda dan mengidentifikasi produk yang akan dibeli

6. Alipay

Pihak ketiga platform pembayaran online tanpa dikenakan biaya transaksi

7. Aliyun.com

Platform pelayanan cloud computing, termasuk e-commerce, data mining, dan kustomisasi data

8. AliExpress.com

Layanan ritel online UKM China

9. Yahoo China

Kemitraan strategis dengan Yahoo! Dan sebagai portal Cina yang berfokus pada layanan internet

10. Aliwangwang

Layanan software untuk interaksi antara pelanggan dengan penjual online

11. Laiwang

Aplikasi messaging seperti halnya whatsapp, line dan WeChat

12. Alibaba Pictures

Komite strategis untuk potensi peluang dimasa depan seperti hiburan online

13. Youku Tudou

Program televisi populer dan video melalui internet

14. R & D Alibaba Group

15. Xia Mi

Layanan musik online

16. Global Biz Circle

17. Yu’e Bao

Asset management untuk dana nasabah Alipay

18. Alimama.com

Perusahaan Adsnetwork yang menjebatani antara publisher website dengan pemasang iklan

 BAHASA PENGARANG

Bahasa pengarang dalam buku ini menggunakan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

 KEUNGGULAN

Keuggulan dari buku ini adalah mampu memberikan motivasi dan pengetahuan lebih kepada para pembaca yang ingin mendirikan sebuah bisnis dibidang telekomunikasi khususnya internet. Terdapat banyak kata kata kutipan dan saran yang menginspirasi dari Jack Ma sehingga pembaca tertarik akan isi dari buku tersebut. Dari cerita jatuh bangunnya Jack Ma mendirikan Alibaba sampai pada kesuksesan yang ia dapatkan sudah terangkum dalam buku ini.

KELEMAHAN

Kelemahan dalam buku ini yaitu terdapat pengulangan kalimat, jadi ada beberapa kalimat atau pembahasan yang sudah disampaikan tetapi disampaikan kembali dibeberapa halaman selanjutnya.

KESIMPULAN

Buku ini bermanfaat karena didalamnya berisi pengetahuan tentang bisnis di dunia telekomunikasi dimana Jack Ma merupakan pendiri salah satu startup terbesar di bidang e-commerce yaitu Alibaba.com. Didalam buku ini membahas perjalanan Jack Ma dimulai dari kegagalannya sampai pada kesuksesannya. Terdapat kata kata motivasi dan saran dari Jack Ma untuk para pembaca yang ingin mendirikan sebuah startup seperti Alibaba. Dengan bahasa yang komunikatif, buku ini nyaman untuk dibaca dan tidak membosankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar