Minggu, 24 Mei 2015

Faktor Kepemimpinan dalam Organisasi

Faktor Kepemimpinan

Untuk memimpin sebuah organisasi, kita harus mempunyai leadership atau sosok kepemimpinan dalam diri kita. Sebagai pemimpin atau leader kita harus membawa organisasi kita mencapai tujuannya. Keberhasilan atau kegagalan kita sebagai pemimpin ditandai dengan 4 hal, yaitu Moril, Disiplin, Jiwa Korsa dan Kecakapan.
1. Moril
Moril merupakan keadaan jiwa atau emosi seseoran untuk mempengaruhi kemauan untuk menjalankan tugas dan mempengaruhi hasil tugas perorangan atau organisasi. Faktor ini bisa dibilang dorongan atau motivasi yang timbul dari diri sendiri untuk mencapai tujuan organisasi.

2. Disiplin
Disiplin merupakan ketaatan atau ketulus ikhlasan dalam menjalankan tugas dan perintah atas peraturan yang berlaku. Disiplin merupakan salah satu faktor penting yang harus ada sebagai seorang leadership.

3. Jiwa Korsa
Maksud jiwa korsa disini adalah loyalitas, kebanggaan dan antusiasme yang tertanam dalam diri setiap anggota dan harus ada pada seorang pemimpin.

4. Kecakapan
kecakapan adalah kepandaian melaksanakan tugas dengan hasil yang baik dan waktu yang singkat dan menggunakan serta sarana yang seefisien mungkin.


Referensi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar