Kamis, 19 Maret 2015

Bagaimana Cara Manusia Agar Dapat Berkomunikasi Dengan Baik ???

Komunikasi merupakan suatu cara atau proses penyampaian informasi antar manusia. Informasi tersebut dapat berupa pesan atau berita.  Manusia dalam kehidupannya memang tidak bisa dipisahkan dari yang namanya komunikasi, akan tetapi tidak semua manusia dapat berkomunikasi dengan baik dan efektif, lalu bagaimana caranya agar komunikasi bisa berlangsung dengan baik ??? oke, saya akan jawab.
Komunikasi dapat dikatakan baik dan efektif jika komponen dalam berkomunikasi berlangsung dengan baik.
Komponen tersebut meliputi :
  • Pengirim atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain.
  • Pesan (message) adalah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain.
  • Saluran (channel) adalah media dimana pesan disampaikan kepada komunikan. dalam komunikasi antar-pribadi (tatap muka) saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara.
  • Penerima atau komunikate (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain
  • Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya.
  • Aturan yang disepakati para pelaku komunikasi tentang bagaimana komunikasi itu akan dijalankan ("Protokol")
Dari penjelasan diatas, komponen bagian dari jalannya komunikasi, bagaimana komunikasi berlangsung baik dan efektif, bergantung kepada peran komponen diatas. Lalu yang paling penting dalam berkomunikasi yakni proses nya. proses dalam berkomunikasi yakni : 

Pengirim—>Pesan—>Penerima

Sudah dijelaskan juga sebelumnya, bahwa proses dalam berkomunikasi adalah hal yang sangat penting disamping komponennya. Proses dalam komunikasi adalah salah satu dari cara agar komunikasi berjalan efektif dengan memperhatikan model komunikasinya (pengirim, pesan, penerima). Bagaimana tidak penting jika proses dalam berkomunikasi tidak berjalan baik maka penyampaian informasi pasti akan terganggu dan menyebabkan komunikasi menjadi tidak baik atau tidak efektif. akan tetapi bila sebaliknya, bila proses komunikasi berjalan baik, maka penyampaian informasi pasti akan secara efektif tersampaikan kepada pihak peneriman dan cara tersebut lebih efektif.

Jadi intinya, bagaimana cara agar manusia dapat berkomunikasi secara efektif ? yakni dengan memperhatikan komponen dalam berkomunikasi serta proses atau cara dalam berkomunikasi (penyampaian informasi). 

Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar