Sabtu, 15 November 2014

Hal Hal Penting untuk Membentuk Sebuah Organisasi

Organisasi adalah sekumpulan orang dalam sebuah kelompok yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Hal Penting untuk membentuk organisasi

Berikut adalah hal penting yang harus dijadikan prioritas bila ingin membentuk suatu organisasi, yaitu :

  • Mempunyai Visi dan Misi

Sebuah organisasi harus memiliki tujuan dari perusahaan dan memiliki sebuah pandangan akan pentingnya sebuah perusahaan yang telah didirikan.


  • Mengenali orang yang ingin diajak berorganisasi

Suatu organisasi tidak dapat disebut organisasi apabila didalamnya terdiri dari satu individu saja. Mengenali orang di sekitar kita penting, bagaimana kepribadiannya, apakah dia suka tantangan serta hal-hal yang baru. Selanjutnya, apakah orang tersebut suka bekerjasama dalam kelompok. Setiap orang memiliki pribadi yang berbeda-beda, ada yang suka bekerja sendiri, adapula yang suka bekerja dalam satu tim. Orang yang suka bekerjasama dalam satu tim dapat dimasukkan dalam daftar. Sikap dan sifat yang harus dimiliki anggota yakni kejujuran, loyalitas, komitmen dan tanggung jawab, kemauan untuk berkembang serta cara berkomunikasi yang efektif dan efisien.

  • Membuat nama organisasi

Nama merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah organisasi. Memberikan nama pada sebuah organisasi harus disesuaikan dengan tujuan organisasi.

  • Menyusun kegiatan

Dalam hal ini, kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama organisasi ini berjalan atau akan menjadi organisasi yang monoton. Penyusunan kegiatan dapat dikerjakan melalui rapat. Kegiatan jangan berbelit-belit, sesuai dengan arah dan tujuan organisasi.

  • Membagi pekerjaan

Masing-masing anggota inti dalam organisasi memiliki pekerjaan berbeda-beda. Setiap individu mendapatkan pekerjaan yang berbeda dengan lainnya. Pekerjaan berbeda ini, selanjutnya digabung menjadi kesepahaman.
seperti contoh : Ketua dan sekretaris memiliki pekerjaan yang berbeda, kemudian menjadi gabungan yang saling terkait. Ketua dan sekretaris bekerjasama dalam pencatatan hasil rapat.

  • Melaksanakan kegiatan

Ketika semua yang dibutuhkan telah terpenuhi, saatnya melaksanakan kegiatan keorganisasian.

  • Memiliki hubungan yang luas dengan pihak tertentu

Hubungan dengan pihak tertentu sangat penting demi kelancaran organisasi, pihak lain akan sangat membantu. Organisasi bekerjasama dengan pihak lain untuk memperoleh keuntungan yang sama.

  • Mencari dana untuk kegiatan

Dana memberikan dampak besar terhadap organisasi. Dana yang tidak cukup membuat organisasi berjalan mundur bahkan mati/bangkrut.

Referensi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar